A.
Keterampilan Bertanya
Penguatan adalah respon
yang diberikan oleh guru terhadap perilaku siswa yang baik, yang menyebabkan
siswa tersebut terdorong untuk mengulangi atau meningkatkan perilaku yang baik
tersebut. Penguatan
diberikan dengan tujuan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, mengontrol
dan memotivasi perilaku yang negatif, menumbuhkan rasa percaya diri, serta
memelihara iklim kelas yang kondusif.
Penguatan dapat dibagi
menjadi penguatan verbal dan non-verbal. Penguatan verbal diberikan dalam
bentuk kata-kata/kalimat pujian, sentuhan, kegiatan yang menyenangkan, serta
benda atau simbol. Penguatan dapat juga diberikan dalam bentuk penguatan tak
penuh, jika respon/perilaku siswa tidak sepenuhnya memenuhi harapan.
Variasi
adalah keanekaan yang membuat sesuatu tidak monoton. Variasi di dalam kegiatan
pembelajaran dapat menghilangkan kebosanan, meningkatkan minat dan
keingintahuan siswa, melayani gaya belajar siswa yang beragam, serta
meningkatkan kadar keaktifan siswa.
Komponen
keterampilan mengadakan variasi dibagi menjadi 3 kelompok sebagai berikut.
1. Variasi dalam gaya mengajar yang
meliputi variasi suara, pemusatan perhatian, kesenyapan, pergantian posisi
guru, kontak pandang serta gerakan badan dan mimik.
3. Variasi penggunaan alat bantu
pengajaran yang meliputi alat/bahan yang dapat didengar, dilihat, dan
dimanipulasi.
Dalam mengadakan variasi,
guru perlu mengingat prinsip-prinsip penggunaannya yang meliputi: kesesuaian,
kewajaran, kelancaran dan kesinambungan, serta perencanaan bagi alat/bahan yang
memerlukan penataan khsusus.
Keterampilan menjelaskan
sangat penting bagi guru karena sebagian besar percakapan guru yang mempunyai
pengaruh terhadap pemahaman siswa adalah berupa penjelasan. Penguasaan
keterampilan menjelaskan yang didemonstrasikan guru akan memungkinkan siswa
memiliki pemahaman yang mantap tentang masalah yang dijelaskan, serta
meningkatnya keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran.
·
pemberian
tekanan yang dapat dilakukan dengan berbagai variasi gaya mengajar, dan membuat
struktur sajian, dan
·
balikan,
yang bertujuan untuk mendapat informasi tentang tingkat pemahaman siswa, baik
melalui pertanyaan mapun melalui tugas.
Penjelasan dapat
diberikan pada awal, tengah, dan akhir pelajaran, dengan selalu memperhatikan
karakteristik siswa yang diberi penjelasan serta materi/ masalah yang
dijelaskan.
- Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
Keterampilan membuka pelajaran adalah kegiatan yang
dilakukan oleh guru untuk menciptakan situasi siap mental dan menimbulkan siswa
agar terpusat perhatian pada apa yang dipelajari.
Keterampilan menutup pelajaran adalah kegiatan yang
dilakukan oleh guru untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang apa yang
dipelajari siswa.
- Komponen membuka pelajaran
·
Menarik perhatian siswa
·
Menimbulkan motivasi
·
Memberikan acuan
·
Membuat kaitan
- Komponen menutup pelajaran
·
Meninjau kembali
·
Mengevaluasi
- Keterampilan Memimpin Diskusi Kelompok Kecil
Diskusi kelompok adalah merupakan salah satu strategi
yang memungkinkan siswa menguasai suatu konsep atau memecahkan suatu masalah
melalui proses yang memberikan kesempatan berpikir, berinteraksi sosial serta
berlatih bersikap positif.
Komponen keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil,
meliputi :
- Memusatkan perhatian
- Memperjelas masalah
- Menganalisa pandangan siswa
- Meningkatkan urunan siswa
- Menyebarkan kesempatan berpartisipasi
- Menutup diskusi
- Keterampilan Mengelola Kelas
Mengelola kelas adalah keterampilan guru untuk
menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan keterampilan untuk
mengembalikan pada kondisi belajar yang optimal.
- Keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal, meliputi :
·
Menunjukkan sikap tanggap
·
Membagi perhatian
·
Memusatkan perhatian kelompok
·
Memberikan petunjuk-petunjuk yang
jelas
·
Menegur
·
Memberi penguatan
- Keterampilan yang berhubungan dengan pengembalian kondisi belajar yang optimal, meliputi :
·
Memodifikasi tingkah laku
·
Pengelolaan kelompok
·
Menemukan dan memecahkan tingkah
laku yang menimbulkan masalah.
- Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan
Komponen
keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan, meliputi :
- Keterampilan untuk mengadakan pendekatan secara pribadi
- Keterampilan mengorganisasikan
- Keterampilan membimbing dan memudahkan belajar siswa
- Keterampilan merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar