Selasa, 06 Desember 2011

Keterampilan Mengajar


        A.        Keterampilan Bertanya
Guru perlu menguasai keterampilan bertanya karena:
1.      guru cenderung mendominasi kelas dengan ceramah,
2.      siswa belum terbiasa mengajukan pertanyaan,
3.      siswa harus dilibatkan secara mental-intelektual secara maksimal, dan
4.      adanya anggapan bahwa pertanyaan hanya berfungsi untuk menguji pemahaman siswa.

Pertanyaan yang baik mempunyai berbagai fungsi antara lain:
1.      mendorong siswa untuk berpikir,
2.      meningkatkan keterlibatan siswa,
3.      merangsang siswa untuk mengajukan pertanyaan,
4.      mendiagnosis kelemahan siswa,
5.      memusatkan perhatian siswa pada satu masalah, dan
6.      membantu siswa mengungkapkan pendapat dengan bahasa yang baik.
         B.        Keterampilan Memberi Penguatan
Penguatan adalah respon yang diberikan oleh guru terhadap perilaku siswa yang baik, yang menyebabkan siswa tersebut terdorong untuk mengulangi atau meningkatkan perilaku yang baik tersebut.  Penguatan diberikan dengan tujuan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, mengontrol dan memotivasi perilaku yang negatif, menumbuhkan rasa percaya diri, serta memelihara iklim kelas yang kondusif.
Penguatan dapat dibagi menjadi penguatan verbal dan non-verbal. Penguatan verbal diberikan dalam bentuk kata-kata/kalimat pujian, sentuhan, kegiatan yang menyenangkan, serta benda atau simbol. Penguatan dapat juga diberikan dalam bentuk penguatan tak penuh, jika respon/perilaku siswa tidak sepenuhnya memenuhi harapan.
Dalam memberikan penguatan harus diperhatikan prinsip-prinsip berikut.
1.      Kehangatan dan keantusiasan
2.      Kebermaknaan
3.      Hindari respon negatif
4.      Penguatan harus bervariasi
5.      Sasaran penguatan harus jelas
6.      Penguatan harus diberikan segera setelah perilaku yang diharapkan muncul.
         C.        Keterampilan Mengadakan Variasi
Variasi adalah keanekaan yang membuat sesuatu tidak monoton. Variasi di dalam kegiatan pembelajaran dapat menghilangkan kebosanan, meningkatkan minat dan keingintahuan siswa, melayani gaya belajar siswa yang beragam, serta meningkatkan kadar keaktifan siswa.
Komponen keterampilan mengadakan variasi dibagi menjadi 3 kelompok sebagai berikut.
1.      Variasi dalam gaya mengajar yang meliputi variasi suara, pemusatan perhatian, kesenyapan, pergantian posisi guru, kontak pandang serta gerakan badan dan mimik.
2.      Variasi pola interaksi dan kegiatan.
3.      Variasi penggunaan alat bantu pengajaran yang meliputi alat/bahan yang dapat didengar, dilihat, dan dimanipulasi.
Dalam mengadakan variasi, guru perlu mengingat prinsip-prinsip penggunaannya yang meliputi: kesesuaian, kewajaran, kelancaran dan kesinambungan, serta perencanaan bagi alat/bahan yang memerlukan penataan khsusus.
        D.        Keterampilan Menjelaskan
Keterampilan menjelaskan sangat penting bagi guru karena sebagian besar percakapan guru yang mempunyai pengaruh terhadap pemahaman siswa adalah berupa penjelasan. Penguasaan keterampilan menjelaskan yang didemonstrasikan guru akan memungkinkan siswa memiliki pemahaman yang mantap tentang masalah yang dijelaskan, serta meningkatnya keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Komponen keterampilan menjelaskan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu:
1.      Merencanakan materi penjelasan yang mencakup:
·         menganalisis masalah,
·         menentukan hubungan, serta
·         menggunakan hukum, rumus, dan generalisasi yang sesuai.
2.      Menyajikan penjelasan, yang mencakup:
·         kejelasan, yaitu keterampilan yang erat kaitannya dengan penggunaan bahasa lisan,
·         penggunaan contoh dan ilustrasi, yang bisa dilakukan dengan pola induktif atau deduktif,
·         pemberian tekanan yang dapat dilakukan dengan berbagai variasi gaya mengajar, dan membuat struktur sajian, dan
·         balikan, yang bertujuan untuk mendapat informasi tentang tingkat pemahaman siswa, baik melalui pertanyaan mapun melalui tugas.
Penjelasan dapat diberikan pada awal, tengah, dan akhir pelajaran, dengan selalu memperhatikan karakteristik siswa yang diberi penjelasan serta materi/ masalah yang dijelaskan.

  1. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
Keterampilan membuka pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk menciptakan situasi siap mental dan menimbulkan siswa agar terpusat perhatian pada apa yang dipelajari.
Keterampilan menutup pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang apa yang dipelajari siswa.
    1. Komponen membuka pelajaran
·         Menarik perhatian siswa
·         Menimbulkan motivasi
·         Memberikan acuan
·         Membuat kaitan
    1. Komponen menutup pelajaran
·         Meninjau kembali
·         Mengevaluasi

  1. Keterampilan Memimpin Diskusi Kelompok Kecil
Diskusi kelompok adalah merupakan salah satu strategi yang memungkinkan siswa menguasai suatu konsep atau memecahkan suatu masalah melalui proses yang memberikan kesempatan berpikir, berinteraksi sosial serta berlatih bersikap positif.
Komponen keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil, meliputi :
    1. Memusatkan perhatian
    2. Memperjelas masalah
    3. Menganalisa pandangan siswa
    4. Meningkatkan urunan siswa
    5. Menyebarkan kesempatan berpartisipasi
    6. Menutup diskusi



  1. Keterampilan Mengelola Kelas
Mengelola kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan keterampilan untuk mengembalikan pada kondisi belajar yang optimal.
    1. Keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal, meliputi :
·         Menunjukkan sikap tanggap
·         Membagi perhatian
·         Memusatkan perhatian kelompok
·         Memberikan petunjuk-petunjuk yang jelas
·         Menegur
·         Memberi penguatan
    1. Keterampilan yang berhubungan dengan pengembalian kondisi belajar yang optimal, meliputi :
·         Memodifikasi tingkah laku
·         Pengelolaan kelompok
·         Menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah.

  1. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan
Komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan, meliputi :
    1. Keterampilan untuk mengadakan pendekatan secara pribadi
    2. Keterampilan mengorganisasikan
    3. Keterampilan  membimbing dan memudahkan belajar siswa
    4. Keterampilan merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar